Sederet Makanan Asam Urat yang Sehat Dikonsumsi

Radang sendi akibat penyakit asam urat atau gout arthritis merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Bukanlah rahasia lagi bahwa salah satu penanganan untuk penderita penyakit asam urat adalah dari pola makannya.Makanan untuk penderita asam urat haruslah makanan yang rendah purin agar kadar asam urat dalam tubuh tidak bertambah dan membentuk kristal yang dapat menimbulkan radang dan pembengkakan pada sendi.
aneka sayur dan buah

Anjuran makanan untuk penderita asam urat

1. Kacang kacangan dan biji-bijian

Penerapan pola makan sangat penting bagi penderit asam urat. Penderita asam urat perlu untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dan biji-bijian utuh, kuaci, seperti oat, nasi cokelat, dan barley.Kacang-kacangan seperti pinto dan kuaci juga merupakan pilihan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan asam urat.Kacang pinto kaya akan kandungan  asam folat yang diketahui efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara alami. Sama halnya dengan kuaci atau biji bunga matahari, kacang pinto juga kaya akan asam folat.Perlu digaris bawahi, kacang-kacangan yang boleh dikonsumsi oleh pengidap asam urat hanyalah kacang pinto dan kuaci saja. Sebab, kacang-kacangan lainnya hanya dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam tubuh.

2. Buah-buahan

Buah-buahan dapat menjadi makanan untuk penderita asam urat, khususnya buah ceri. Buah beri, khususnya stroberi dan blueberry memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi bagi kesehatan.Sifat antiinflamasi inilah yang mampu mengendalikan peradangan (inflamasi) pada sendi akibat asam urat Anda. Buah apel juga bisa jadi salah satu pilihan Anda karena kandungannya malid acid-nya yang baik bagi pengidap asam urat.Bila dikonsumsi secara rutin, malid acid yang terdapat di dalam apel juga dapat membantu menetralisir asam urat. 

3. Sayuran

Telah dijelaskan pada informasi diatas bahwa penderita penyakit asam urat tidak boleh mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, namun ada pengecualian untuk beberapa makanan ini.Berdasarkan beberapa penelitian, sayur-sayuran yang berdaun hijau gelap dan tinggi purin, seperti asparagus, bayam, dan sebagainya, tidak meningkatkan asam urat dalam tubuh dan tetap dapat menjadi makanan untuk penderita asam urat.Makanan untuk penderita asam urat dapat berupa kentang, jamur, terong, tahu, dan kacang-kacangan. Tidak ada pantangan khusus untuk minyak dan bumbu-bumbu masakan yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat.

4. Protein

Konsumsi daging ayam, sapi, babi, domba, dan salmon tidaklah masalah asal penderita mengonsumsinya dalam porsi yang secukupnya.Produk susu juga tidak masalah untuk dikonsumsi, tetapi akan lebih baik jika penderita mengonsumsi produk susu yang rendah lemak.

5. Suplemen

Suplemen vitamin C dapat membantu untuk mengurangi asam urat. Saat vitamin C masuk ke dalam tubuh, vitamin C akan membantu proses pengeluaran asam urat berlebih secara alami melalui urine.Meskipun demikian, sebaiknya Anda selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai berapa banyak vitamin C yang dapat dikonsumsi.

6. Kopi dan teh hijau

Konsumsi minuman berupa kopi dan teh masih dapat dilakukan asal dalam kadar yang secukupnya. Penderita asam urat juga perlu meminum banyak air untuk mengeluarkan asam urat melalui urine.

minuman boba

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Bagi penderita asam urat tidak disarankan untuk mengonsumsi telur karena kandungan lemak dan zat fosfor di dalam telur dapat mengganggu kadar asam urat yang terdapat pada persendian dan bahkan dapat meningkatkan jumlah asam uratPenderita asam urat harus menghindari makanan yang tinggi purin. Misalnya jeroan seperti hati, otak, usus, dan sebagainya, serta daging rusa dan daging sapi muda mengandung purin yang tinggi.Ikan-ikan tertentu mengandung purin yang tinggi dan harus dihindari, seperti tuna, makarel, sarden, dan sebagainya. Selain ikan, olahan laut berupa udang, kerang, kepiting, dan telur ikan juga harus dihindari.Konsumsi gula, termasuk madu sebaiknya dihindari. Oleh karenanya, minuman yang tinggi gula juga perlu dihindari. Ragi merupakan salah satu hal yang juga harus dihindari oleh penderita asam urat.Karbohidrat terproses memiliki risiko untuk meningkatkan asam urat jika dikonsumsi. Karbohidrat terproses dapat berupa roti, biskuit, dan kue. Pantangan minuman yang harus dihindari oleh penderita asam urat adalah alkohol.

timbang berat badan

 

Cara menurunkan risiko asam urat

Menghindari makanan penyebab asam urat adalah salah satu kunci untuk mengurangi risiko kekambuhan penyakit asam urat. Namun, ada cara lain yang dapat menurunkan risiko asam urat selain menghindari makanan penyebab asam urat.Beberapa cara menurunkan risiko penyakit asam urat lainnya, antara lain:

  • Memperbanyak minum cairan.
  • Meningkatkan asupan produk susu rendah lemak.
  • Meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan.
  • Melakukan olahraga secara rutin.
  • Menghindari konsumsi makanan olahan. 
  • Menurunkan berat badan, apabila Anda mengalami kelebihan berat badan.

Berat badan dan penyakit asam urat

Penderita penyakit asam urat harus mengonsumsi makanan yang bergizi imbang dengan porsi yang secukupnya. Mengonsumsi makanan secara berlebih dapat meningkatkan risiko berat badan yang berlebih.Berat badan yang berlebih dapat meningkatkan risiko asam urat dan memberikan tekanan pada sendi. Lemak yang berlebih dalam tubuh dapat mengurangi proses eliminasi asam urat di ginjal.Hal ini terjadi karena tubuh orang obesitas memproduksi lebih banyak insulin. Kadar insulin yang beredar dalam tubuh dapat menghambat proses pembuangan asam urat melalui urine.

Apa lagi yang perlu diketahui?

Selain mengetahui makanan untuk penderita asam urat dan makanan yang harus dihindari. Anda juga perlu untuk berolahraga secara teratur, karena olahraga dapat membantu mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda.Anda juga perlu untuk berkonsultasi dengan dokter dan ahli nutrisi untuk membuat pola makan yang sesuai dengan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Konsultasikan ke dokter

Anda perlu menghubungi dokter apabila Anda atau kerabat mengalami rasa sakit yang intens dan muncul secara mendadak. Asam urat yang tidak ditangani dengan benar dapat meningkatkan rasa sakit yang dirasakan dan mengakibatkan kerusakan pada persendian.Anda atau kerabat juga perlu mengunjungi dokter apabila persendian terasa panas dan membengkak, serta diiringi dengan demam, karena kondisi tersebut bisa menandakan adanya infeksi tertentu.

Leave a Comment